Senin, 05 April 2010

Cara Meningkatkan Pemasaran secara Kontinu

PEKAN lalu Anda telah belajar bagaimana meningkatkan faktor kali dengan cara menjadi anggota (member) suatu multi-level marketing (MLM). MLM terbukti bisa merupakan salah satu faktor kali dalam pemasaran produk/jasa kita.

Nah, pekan ini kita belajar bagaimana caranya meningkatkan pemasaran secara kontinu. Misalnya ada seorang berjualan produk yang laris hanya dalam bulan-bulan tertentu (musiman), apakah ia juga bisa menjual atau meningkatkan pemasaran di luar musim tersebut?

Misalnya saja, toko buku atau toko sepatu, biasanya akan laris pada saat tahun ajaran baru dimulai atau saat liburan sekolah hampir selesai. Anda tentu sering melihat promosi seperti "Diskon Besar Jelang Masuk Sekolah" atau "Back to School: Big Promo/Big Sale!". Atau mungkin bisnis busana muslim, biasanya akan laku keras menjelang atau saat Lebaran.

Apakah bisnis yang bersifat musiman tersebut tetap bisa meningkat pemasarannya di luar musimnya? Misalnya bisnis busana muslim tadi, mungkin kalau Anda datang ke Pasar Tanah Abang, Jakarta, busana muslim sangat laku saat menjelang Lebaran. Namun apakah kita juga sebenarnya bisa meningkatkan pemasaran di luar musim tersebut?

Tentu saja bisa, antara lain caranya adalah harus mencari faktor kali yang jauh lebih banyak lagi. Pada bulan Ramadan seluruh tenaga kerja Anda bisa fokus di toko Anda sendiri untuk semakin meningkatkan penjualan.

Adapun pada waktu bulan-bulan biasa (di luar bulan Ramadan), mereka bisa dioptimalkan berproduksi untuk fokus menjual ke faktor kalinya, antara lain kita bisa mencari agen-agen di seluruh daerah, kalau bisa di seluruh Indonesia. Pada saat mendekati Idul Fitri (kalau memang produk kita bagus), dengan terlebih dahulu memberikan penawaran kepada mereka yang sangat dahsyat, tentu akan banyak permintaan dari agenagen Anda tersebut.

Dengan demikian, Anda tetap bisa meningkatkan pemasaran secara kontinu. Artinya, Anda bisa berjualan di luar musim sekalipun, Anda tetap bisa meningkatkan pemasaran antara lain dari permintaan agen-agen tersebut (faktor kali Anda). Apa pun produk Anda, sebenarnya peningkatan pemasaran secara kontinu tetap bisa kita lakukan (meskipun di luar musimnya) asalkan mau membuat faktor kali yang besar dan terus menggali ide untuk membuat efisiensi dan efektivitas dalam proses produksinya.

Dengan demikian, jika di luar musimnya, Anda bisa melakukan penambahan agen atau jaringan sehingga pada saat musimnya Anda akan menghasilkan ledakan pemasaran yang lebih dahsyat, demikian juga dengan pemasaran para agen Anda. Maka, keuntungan Anda tentu akan meningkat, yang memungkinkan Anda meningkatkan usaha/produksi Anda. Di antaranya mungkin bisa untuk modal memulai pembuatan variasi produk yang lebih beragam, yang tidak hanya terpaku pada suatu musim saja. Atau, untuk memperbaiki sistem keagenan, tim, produksi, dan sebagainya.

Dengan demikian bisnis dan pemasaran Anda akan semakin meningkat. Oleh karena itu, kapan pun selalu pertimbangkan dan lakukan ide-ide baru dalam bisnis Anda (tentunya harus terukur) sehingga dalam kondisi apa pun Anda juga bisa meningkatkan pemasaran. Setelah Anda memiliki agen atau jaringan yang banyak, berikan mereka penawaran-penawaran yang dahsyat secara terus-menerus sehingga dengan sukarela dan senang hati, mereka akan senantiasa mau memasarkan produk Anda.

Selain penawaran yang dahsyat, buatlah suatu acara kumpul-kumpul (gathering) dari agen-agen Anda, berikan hadiah menarik bagi mereka yang meraih target dan berikan selalu pengarahan dan pendampingan yang memungkinkan mereka terus melakukan pemasaran dengan optimal.

TUNG DESEM WARINGIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singgasana Hotels & Resorts pilihan akomodasi terbaik di Indonesia