Kamis, 22 Juli 2010

Penghambat Peluang Usaha Bisnis Wanita

Wanita adalah pebisnis yang tangguh. Sektor perekonomian mikro di negara kita Indonesia, 60 persennya dilakukan oleh wanita, menurut data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Maka dari itu, sudah saatnya kita mulai menganggap serius perkembangan usaha bisnis wanita Indonesia.

Akan tetapi, kemajuan usaha bisnis wanita Indonesia sering terhambat karena adanya kendala-. Seandainya bisa menemukan jalan untuk melewati hambatan-hambatan ini, tak ayal perekonomian kita pun bisa lebih baik. Ada beberapa hal yang menghambat laju perkembangan usaha bisnis wanita adalah:

1. Kondisi fisik dan kodrat wanita
Kondisi fisik dan kodrat wanita untuk melakukan tugas-tugasnya sebagai wanita kadang menghambat mobilisasinya. Wanita memiliki kodrat fisik yang sulit dielakkan. Seperti, siklus menstruasi bulanan yang membuatnya tidak penuh untuk bisa 30 hari beraktivitas, kondisi hamil, lalu menyusui, juga harus menjaga anak. Akhirnya, mobilisasi wanita dibandingkan pria bisa dikatakan terpaut jauh dan wanita tidak bisa seaktif dan segesit pria.

2. Minimnya pengalaman berbisnis
Sedikit wanita yang berani membuka usaha tetapi minim pengalaman usaha. Dengan ia berani mengambil resiko mencoba dan tak takut gagal, ia akan memiliki pengetahuan lewat pengalaman . Misalnya, saat krisis moneter pada 1998, ketika banyak pria yang terkena pemecatan, kegigihan wanita membantu ekonomi keluarga untuk mencari nafkah lewat usaha menjadi jalan keluar. Banyak wanita yang mulai membuka usaha skala kecil untuk menghidupi keluarganya.

3. Segan berurusan dengan lembaga keuangan (bank)
Tata cara dan administrasi perbankan membuat para wanita enggan untuk mau memulai langkahnya. Apalagi ketika ia harus mengajukan kredit pinjaman, ia harus memikirkan agunannya, yang umumnya, tak banyak pula ia miliki untuk dijadikan jaminan.

4. Peran ganda dalam keluarga
Peran ganda yang ia harus lakukan di rumah, lalu sekaligus di tempat usahanya, belum lagi jika ia harus mengurus anggota keluarganya yang lain.

5. Tidak Percaya Diri
Mengapa wanita tidak percaya diri adalah karena kurangnya pengetahuan dan informasi bagi mereka untuk mulai membuka usaha bisnis. Selain itu karena dari keluarga atau dari orang-orang di sekitarnya tidak mengajarkannya cara untuk berwirausaha, sehingga pengalaman mereka pun juga kurang. Akhirnya membuat wanita sering kali kurang percaya diri.

6. Kurang peduli dengan "database"
Ini pun salah satu kendala kesuksesan wanita untuk bisa sukses berbisnis. Kadang, wanita cenderung melakukan dan menjalani usahanya saja, tapi tidak mencatat perjalanan, perkembangan, keuangan, persediaan, dan sebagainya. Hal ini akan menjadi masalah di depannya.

Nah, setelah mengetahui apa saja penghambat wanita dalam berbisnis, apakah Anda menemukan jalan untuk menghadapinya dan berani melangkah untuk sukses?

Jangan cuma berani bermimpi, lakukanlah untuk mewujudkan impian .
Wujudkan Impian hanya di sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Singgasana Hotels & Resorts pilihan akomodasi terbaik di Indonesia